Selasa, 28 April 2009

PERMAINAN UNTUK MOTIVASI


FORMAT : KELOMPOK
WAKTU : 10 - 20 MENIT
TEMPAT : IN DOOR / OUT DOOR
PESERTA : 10 - 50 ORANG

DESKRIPSI:
Instruktur menyiapkan kursi sebanyak jumlah N-1 atau N-2, sebagai contoh kalau pesertanya berjumlah 40 maka instruktur harus menyiapkan kursi sebanyak 39 atau 38. Kursi-kursi tersebut kemudia ditata melingkar. Setelah semuanya siap instruktur meminta kepada semua peserta untuk membuat barisan melingkar di dalam lingkaran kursi tersebut. Langka selanjutnya adalah.....instruktur meminta semua peserta untuk berputar..nah pada saat peserta sudah berputar instruktur mulai membacakan instruksi dan membacakan ceritanya.....pasti suasananya akan menjadi meriah dan menyenangkan sekaligus menegangkan saat para peserta harus fokus dengan cerita dan berebutan kursi, karena salah satu atau dua orang dari mereka ada yang tidak kebagian kursi.


ROBET DAN ROBOT

INSTRUKSI:
Kalau saya menyebut nama ROBET maka semua peserta harus duduk dan kalau saya menyebut nama ROBOT maka semua peserta tetap berdiri.

CERITA
Pada hari minggu yang lalu Bapak/ Ibu keluar ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Di KBS itu Bapak/Ibu bertemu dengan salah satu alumni SMP Ta’miriyah Surabaya tahun 2000, namanya ROBET. Dia menceritakan kalau sekarang sudah kerja di perusahaan besar dengan gaji yang lumayan tinggi, sehingga dia merasa hidupnya sudah bahagia. Karena kerjanya di perusahaan Robot maka dia sering dipanggil Robet Robot. Selang tidak lama teman kerjanya memanggil Ro……Ro…….Ro…..Ro….. Akhirnya dia pamitan pada saya untuk melanjutkan tujuannya. Sayapun memberikan do’a R…./R… semoga berhasil.


ANA DAN ANI

INSTRUKSI:
Kalau saya menyebut nama ANA maka semua peserta harus duduk dan kalau saya menyebut nama ANI maka semua peserta tetap berdiri.

CERITA
Sewaktu saya mengajar di sekolah lain, saya mempunyai murid nama ANA dan ANI sikembar yang imut sekali, anaknya ramah, sopan, pinter dan lucu. Karena kembar saya sering salah panggil. Saya memanggil ANA…, ANI yang datang. Saya panggil ANI… ternyata ANA yang datang. Teman temannya sering menggoda dengan memanggil mana yang ANA… mana yang ANI... Saya sering memanggilkan agar cepat mengenal. Kalau anaknya lewat saya teriak A…/A… Namun harapanku tidak pernah tercapai sehingga sering keliru ANA.., ANI...

KIPLI DAN ADUL

INSTRUKSI:
Kalau saya menyebut nama KIPLI maka semua peserta harus duduk dan kalau saya menyebut nama ADUL maka semua peserta tetap berdiri.

CERITA
Waktu kecil, saya punya kelompok bermain yang sangat mengasyikkan, kemana saja selalu berkumpul. Bahkan di sekolah pun selalu berkumpul. Ketika itu saya sekolah di SD Negeri dekat rumah. Kalau sore hari selalu bermain di halaman sekolah tersebut. Diantara mereka ada yang lucu, namanya KIPLI dan ADUL, anak anak sering berolah tentang kedua nama itu. KIPLI…, ADUL…, KIPLI…, ADUL…. Dan saya sangat gemas dengan si KIPLI itu.


BALCKY DAN JEKY

INSTRUKSI:
Kalau saya menyebut nama BLACKY maka semua peserta harus duduk dan kalau saya menyebut nama JEKY maka semua peserta tetap berdiri.

CERITA
Di rumah saya memelihara kucing mulai dari kecil. Ada 2 kucing yang sangat dekat dengan saya. oleh anak saya, yang satu diberi nama BLACKY dan yang satu diberi nama JEKY. Setiap hari, sebelum saya bangun, keduanya pasti menghampiri kamar tidur sambil mengeong-ngeong, mungkin maksud dia membangunkan saya. Segera saya bangun dan menuju ke kamar mandi, setelah itu keduanya saya beri makan di kotak plastik dengan menu kesukaannya, nasi plus ikan pindang dan disebelahnya saya kasi minuman. Sambil saya memanggil BLACKY, JEKY, BLACKY, JEKY. Keduanya datang dan makan. Semua anggota keluarga saya bergantian memanggilnya BLACKY, JEKY, BLACKY, JEKY.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

good I am gonna try it. hopefully it will work well

Poskan Komentar

 

DAFTAR BLOG SAYA

BLOG SISWAKU

BLOG REKANAN

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template