Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua, pendidik dan para siswa dalam menentukan karir:
1. IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KAMU
Contoh: Kemampuan dalam bidang matematika, olah raga, Fisika, Kimia, Musik, Kemampuan menjalin hubungan sosial, Kemampuan berkomunikasi, dll.
2. IDENTIFIKASI KELEMAHAN KAMU
Contoh: Tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan angka, Sulit berkomunikasi dengan orang lain, Sulit bersosialisasi dengan orang lain, dll.
3. IDENTIFIKASI MINAT KAMU
Contoh: Minat terhadap bidang olah raga, ilmu biologi, insinyur, penegak hukum, matematika, aktris, pilot, sekretaris, guru, pekerja sosial, penulis, dll.
4. PILIH KARIR YANG SESUAI DENGAN MINAT KAMU.
5. EVALUASI KEMAMPUAN KAMU, APAKAH SUDAH MENDUKUNG TERHADAP PILIHAN KARIR KAMU ATAU BELUM.
Jika kemampuan yang kamu miliki belum mendukung pilihan karir kamu, buat rencana jangka pendek, jangka menengah & jangka panjang untuk mengembangkan kemampuan kamu.
CONTOH RENCANA JANGKA PENDEK, MENENGAH DAN JANGKA PANJANG
PILIHAN KARIR: Ingin menjadi guru
KEMAMPUAN KHUSUS YANG DIBUTUHKAN: Kemampuan membaca dan memahami. Kemampuan berkomunikasi.
RENCANA JANGKA PENDEK: Latihan memahami isi buku pelajaran. Latihan membaca dengan baik. Latihan berbicara di depan kelas. Latihan menyampaikan pendapat di depan teman-teman.
RENCANA JANGKA MENENGAH: Melanjutkan sekolah ke SMA Negeri.
RENCANA JANGKA PANJANG: Melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri.
BERIKUT INI ADALAH CONTOH BEBERAPA BIDANG PEKERJAAN DAN KEMAMPUAN KHUSUS (SELAIN KEMAMPUAN UMUM) YANG DIBUTUHKAN:
? PEGAWAI BANK
Kemampuan mengingat.
Kemampuan memberi sandi.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan matematika.
? GURU
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan berkomunikasi.
? MANAJER PERUSAHAAN ATAU PENGUSAHA
Kemampuan mengingat.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan matematika.
Kemampuan berkomunikasi.
? INSINYUR
Kemampuan mengenal objek yang disusun dari bagian-bagian.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan mengenal bagian-bagian dari objek.
? POLISI
Kemampuan mengingat.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan berkomunikasi.
Kemampuan mengidentifikasi bagian-bagian yang penting.
? PENULIS
Kemampuan mengingat.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan berkomunikasi.
? PSIKOLOG
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan berkomunikasi.
1. IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KAMU
Contoh: Kemampuan dalam bidang matematika, olah raga, Fisika, Kimia, Musik, Kemampuan menjalin hubungan sosial, Kemampuan berkomunikasi, dll.
2. IDENTIFIKASI KELEMAHAN KAMU
Contoh: Tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan angka, Sulit berkomunikasi dengan orang lain, Sulit bersosialisasi dengan orang lain, dll.
3. IDENTIFIKASI MINAT KAMU
Contoh: Minat terhadap bidang olah raga, ilmu biologi, insinyur, penegak hukum, matematika, aktris, pilot, sekretaris, guru, pekerja sosial, penulis, dll.
4. PILIH KARIR YANG SESUAI DENGAN MINAT KAMU.
5. EVALUASI KEMAMPUAN KAMU, APAKAH SUDAH MENDUKUNG TERHADAP PILIHAN KARIR KAMU ATAU BELUM.
Jika kemampuan yang kamu miliki belum mendukung pilihan karir kamu, buat rencana jangka pendek, jangka menengah & jangka panjang untuk mengembangkan kemampuan kamu.
CONTOH RENCANA JANGKA PENDEK, MENENGAH DAN JANGKA PANJANG
PILIHAN KARIR: Ingin menjadi guru
KEMAMPUAN KHUSUS YANG DIBUTUHKAN: Kemampuan membaca dan memahami. Kemampuan berkomunikasi.
RENCANA JANGKA PENDEK: Latihan memahami isi buku pelajaran. Latihan membaca dengan baik. Latihan berbicara di depan kelas. Latihan menyampaikan pendapat di depan teman-teman.
RENCANA JANGKA MENENGAH: Melanjutkan sekolah ke SMA Negeri.
RENCANA JANGKA PANJANG: Melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri.
BERIKUT INI ADALAH CONTOH BEBERAPA BIDANG PEKERJAAN DAN KEMAMPUAN KHUSUS (SELAIN KEMAMPUAN UMUM) YANG DIBUTUHKAN:
? PEGAWAI BANK
Kemampuan mengingat.
Kemampuan memberi sandi.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan matematika.
? GURU
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan berkomunikasi.
? MANAJER PERUSAHAAN ATAU PENGUSAHA
Kemampuan mengingat.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan matematika.
Kemampuan berkomunikasi.
? INSINYUR
Kemampuan mengenal objek yang disusun dari bagian-bagian.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan mengenal bagian-bagian dari objek.
? POLISI
Kemampuan mengingat.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan berkomunikasi.
Kemampuan mengidentifikasi bagian-bagian yang penting.
? PENULIS
Kemampuan mengingat.
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan berkomunikasi.
? PSIKOLOG
Kemampuan membaca dan memahami.
Kemampuan berkomunikasi.