Jumat, 17 April 2009

FGD UNTUK KEPERLUAN SELEKSI DAN PENEMPATAN


Beberapa hari yang lalu, seorang teman yang bekerja sebagai staf manajer HRD pada salah satu perusahaan di Jakarta Pusat meminta kepada saya untuk mengirim materi FGD karena dia akan melakukan seleksi pada beberapa orang untuk posisi kepala bidang. Karena kesibukan saya di sekolah, baru sekarang saya dapat memenuhi permintaan teman tersebut. Muda-mudahan belum terlambat dan bermanfaat.

PROSEDUR PELAKSANAAN
1. Jumlah subjek maksimal 40 orang.
2. Subjek dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok maksimal 10 orang agar memudahkan dalam proses observasi.
3. Setiap kelompok diawasi oleh 1 orang observer untuk mencatat selama proses FGD.
4. Satu orang sebagai fasilitator.
5. Fasilitator hanya memfasilitasi jalannya FGD bukan menghakimi.

PERALATAN YANG DIPERLUKAN
1. Laptop dan LCD Projector;
2. Atau bisa menggunakan papan tulis.

INSTRUKSI
Berikut ini adalah beberapa kelompok profesi:
Petani
Tukang kayu
Kuli batu
Guru
Pemuka agama
Dokter
Abri
Polisi
Ibu hamil
Pekerja Seks Komersial
Artis
DPR
Orang-orang dengan profesi tersebut diatas sekarang berada dalam bahaya, karena sebentar lagi bumi akan diserang oleh planet lain dan semua akan hancur. Ada sebuah planet yang dapat digunakan sebagai tempat untuk memulai kehidupan yang baru. Masalahnya hanya ada satu peswat dan hanya bisa ditumpangi oleh 5 orang saja. Diskusikan dengan kelompok anda ! siapa 5 orang yang akan dibawah untuk memulai kehidupan baru di planet tersebut, waktu yang tersedia hanya 15 menit !!!

PENTING

Setelah waktu 15 menit terlewati fasilitator kemudian meminta pada masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya dalam forum besar (diskusi antar kelompok). Tugas fasilitator adalah memfasilitasi kelompok-kelompok yang ada agar dapat membuat satu keputusan, siapa 5 orang yang akan dibawa untuk memulai kehidupan di planet yang baru.

Catatan: Untuk keperluan seleksi dan penempatan, selama proses FGD berlangsung observer harus mengobservasi dan mencatat perilaku masing-masing individu untuk menentukan siapa orang-orang yang memenuhi kriteria kompetensi yang telah dibuat sesuai dengan posisi atau jabatan yang ditawarkan.

Catatan: Di sekolah materi FGD ini juga bisa digunakan sebagai metode untuk memilih ketua osis atau ketua kelas.

Semoga bermanfaat.



 

Daftar Blog

Daftar Blog

  • PROGRAM BANGKIT - Telah di buka Program Bangkit dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang merupakan program pembinaan talenta digital untuk mahasiswa ...
    2 tahun yang lalu

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template