Selasa, 31 Maret 2009

AVANT BROWSER MEMANG OKE BANGET



Beberapa bulan yang lalu aku memperoleh informasi dari seorang teman, kata temanku tersebut HP yang dilengkapi dengan fasilitas GPRS dan kabel data dapat digunakan sebagai modem untuk mengakses internet melalui PC. Karena penasaran akupun langsung mencobanya, kebetulan aku punya HP “murahan” (bagi mereka yang berduit dan doyan jajan HP he he he…..) SE K320i, gimana gak murahan untuk memiliki HP SE K320i ini aku cukup mengeluarkan uang 750 ribu (tapi uang segitu buat aku sudah sangat banyak….apalagi hanya untuk beli HP…kalau dibelikan krupuk upil sudah dapat berapa he he he). Meskipun HP tersebut tergolong “murahan” tetapi sudah dilengkapi fasilitas GPRS dan kabel data, dan satu lagi HP tersebut saat beli juga sudah disertai CD program PC Suite. Singkat cerita HP SE K320i ini sudah support untuk digunakan sebagai modem. Ini namanya HP “murahan” tapi memuaskan.

Terus terang aku sangat “girang” setelah tau kalau HP SE K320i yang aku miliki bisa digunakan sebagai modem, karena selama ini kalau posting aku mesti harus ke warnet alias warung internet. Tapi kegiranganku tiba-tiba berubah menjadi kebingungan dalam waktu sekejap, gimana tidak, program, SE PC Suite sudah aku install dan HP sudah siap untuk digunakan sebagai modem tetapi saat kucoba koneksi internet melalui Mozzila Firefox, Internet Exploler (IE), dan Opera selalu gagal. Karena penasaran dan semangat yang menggebu gebu (memang sudah menjadi cirikhas aku, suka tantangan he he he), akhirnya aku putuskan untuk mencari informasi melalui Om Google. Setelah melalui perjuangan panjang, hampir seharian aku mencari informasi setting HP untuk modem, coba dan mencoba atau trial and error (kata Pavlov dan kawan-kawan dalam teori psikologi behavioristik he he he) akhirnya aku menemukan jawabannya dan ….HP “ SE K320i yang aku miliki sudah berfungsi sebagai modem.

Langkah settingnya sebagai berikut:
1. Aktifkan dulu GPRS di HP kamu. Untuk IM3 cukup dengan SMS ke 3000. Caranya ketik GPRS (spasi) Merek HP (spasi) Tipe HP kirim ke 3000. Untuk kartu lain aku kurang tau (cari sendiri biar otaknya tokcer he he he).
2. Instal program PC Suite (untuk SE K320i sudah disertai CD PC Suite saat pembelian). Kalau HP kamu belum disertai kabel data dan support untuk modem, cari saja kebel data plus CD PC Suitenya di counter-counter HP. Beberapa hari yang lalu adik kelasku di Program Studi Psikologi IAIN beli kabel data plus CD PC Suite untuk HP Nokia harganya 80.000. Lumayan mahal sih, tapi informasi yang nanti kita peroleh juga lebih mahal he he he jadi ngelantur.
3. Setting Dial UP Internet di PC kamu. Ada dua langkah:
a. Pertama setting Network, langkahnya:
1) Buka Control Panel, klik dari tombol Start.
2) Klik Network and Internet Connection.
3) Klik Creat New Connection, Klik Next.
4) Pilih Connect to the Internet, Klil Next,
5) Pilih Setup My Connection Manually, Klik Next.
6) Pilih Connect Using Dial Up Modem, Klik Next.
7) Isi nama koneksinya: IM3, klik Next.
8) Ketikkan nomor teleponnya, yaitu *99***1#, Klik Next.
9) Ketikkan Username yaitu GPRS.
10) Ketikkan Paswordnya, yaitu im3.
11) Ulangi Pasword diatas di kolom berikutnya., Klik Next.
12) Beri cek pada Add a shortcut to this connection to my desktop.
13) Klik Finish.
b. Memberikan Extra Command pada modem.
1) Buka Control Panel.
2) Buka Phone and Modem Setting (jika icon ini tidak muncul, klik dulu Switch to Classic Wiev, letak kiri atas).
3) Klik Tab Modem, pada kotak dialog Phone and Modem Setting.
4) Klik nama modem yang tertera (modem yang hendak kita pakai, missal dalam contoh ini aku mengklik modem SE K320i), lalu klik properties.
5) Pada kotak dialog berikut, klik tab Advanced.
6) Pada baris Extra Initialization Command, ketik teks berikut: at+cgdcont=1,”ip”,
www.indosat-m3.net
7) Klik OK.
8) Selanjutnya double klik Shortcut Diap UP im3 yang ada di desktop kompie. Kalau pake time based username and password: indosat@durasi,. Kalau pake volume based username: gprs, password: im3.

Meskipun HP SE K320i kepunyaanku sudah bisa digunakan sebagai modem. Tapi…ternyata masalahku belum selesai. Bagaimana tidak, meskipun IM3 sudah memasang tarif Rp 1/kb, tetapi tetap saja mahal kalau kita gunakan untuk membuka web yang banyak gambarnya, apalagi kalau ada flas-nya. Lebih-lebih kalau digunakan download…bisa kering kantong kita he he he. Untuk mensiasati hal itu aku menggunakan bantuan web yang menyediakan jasa kompres, aku biasa menggunakan skweezer.com (caranya mudah banget…kalau mau membuka web apapun, terlebih dahulu kita harus membuka skweezer, baru kemudian kita buka web yang kita inginkan dari skweezer ini) dengan menggunakan jasa skweezer satu jam cuma habis 1000 murah banget. Tetapi tetap terasa tidak asyik, karena dengan menggunakan skweezer web yang kita buka hanya menampilkan tulisan saja dan kalau untuk keperluan posting sangat tidak mendukung, meskipun kita bias masuk ke blogspot (tapi kalau untuk download informasi pasti oke banget).

Karena tarif per kb-nya masih mahal. Keinginanku untuk tidak posting di internet belum bisa tercapai. Memang indosat sudah menawarkan program IM2 dengan harga super murah untuk pengguna internet Dial UP, tapi loadingnya sangat lambat, apalagi kalau dipakai posting, bisa bikin kepala pusing he he he. Nah…… setelah memutar otak untuk mencari solusinya, akhirnya aku temukan solusi itu di Avant Browser. Mungkin para pembaca masih asing dengan dengan Avant Browser karena memang tidak sepopuler Mozzila Fiferox, Opera dan IE. Tapi soal kehebatannya para pembaca tidak perlu ragu, web browser dengan latar belakang warna biru ini memiliki kecepatan yang lebih dibanding Firefox (lebih-lebih kalau kita internet dengan modem HP, Avant sangat mendukung). Selain itu Avant sudah dilengkapi Flash Plugin jadi tidak perlu install-instal plugin lagi kayak Firefox. Pokoknya Avant hebat banget…..pembaca coba sendiri deh kehebatannya…nanti dikirain sponsor lagi he he he. Bukti kehebatannya adalah posting ini. Perlu pembaca tau, ini adalah posting pertmaku menggunakan HP SE K320i sebagai modem dan ini semua tidak bisa terealisasi tanpa bantuan Avant Browser. Pokoknya buat aku, untuk saat ini yang paling hebat adalah Avant, baru Firefox he he he.
Cara download…ketik saja download avant di om google soalnya aku lupa mencatat alamat web tempat aku download he he he…. Semoga bermanfaat.





KLIK DISINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TERKAIT
.


KLIK DISINI UNTUK MEMBACA TULISAN-TULISAN SAYA DALAM BENTUK MS WORD, MS EXCEL, MS POWER POIN, PDF
.
 

Daftar Blog

Daftar Blog

  • PROGRAM BANGKIT - Telah di buka Program Bangkit dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang merupakan program pembinaan talenta digital untuk mahasiswa ...
    2 tahun yang lalu

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template