Selasa, 24 November 2009

ESTIMASI RELIABILITAS


Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh sarjana psikologi adalah kemampuan dalam mengkonstruksi suatu alat tes psikologi. Keharusan penguasaan dalam mengkonstruksi suatu alat tes, tidak lain karena sarjana psikologi akan selalu dihadapkan pada sebuah tugas yang berkaitan dengan diagnosis terhadap atribut-atribut psikologis. Meskipun alat tes bukan merupakan satu-satunya instrumen yang dapat digunakan dalam melakukan diagnosis, karena seorang psikolog bisa melakukan diagnosis hanya dengan melakukan interview & observasi. Namun dalam kenyataannya alat tes psikologi lebih sering digunakan untuk tujuan diagnosis ketimbang metode lainnya.

Mengingat begitu pentingnya penguasaan konstruksi tes psikologi, maka semua mahasiswa psikologi diharapkan mampu menguasai tahapan-tahapan dalam konstruksi tes psikologi, diantaranya adalah penguasaan dalam estimasi reliabilitas suatu alat tes.

Selanjutnya, ada beberapa rumus yang dapat digunakan untuk keperluan estimasi reliabilitas:
  1. Formula Spearman Brown
  2. Formula Rulon
  3. Formula Flanagan
  4. Formula KR 20 & KR21
  5. Analisis Varian
  6. Koefisien Alpha
  7. Formula Kristof
  8. Formula Feld

Tugas Untuk semester III

  1. Beri penjelasan kegunaan masing-masing formula di atas.
  2. Buatlah data fiktif dengan jumlah subjek atau N=10 dan jumlah Item = 10, kemudian lakukan penghitungan reliabilitas dengan salah satu formula di atas.
  3. Buatlah data fiktif dengan N= 10 dan jumlah item = 9, kemudian lakukan penghitungan reliabilitas dengan salah satu formula di atas.
Tugas dikumpulkan minggu depan, Selamat belajar dan mengerjakan
 

Daftar Blog

Daftar Blog

  • Prestasi Mahasiswa - MAHASISWA BERPRESTASI Nama : Sinta Yudisia Juara 3 tingkat nasional lomba blog yang diadakan XL Tahun ini 2016, terpilih mewakili Indonesia untuk Writer...
    2 bulan yang lalu

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template