Senin, 25 Mei 2009

PENGELOLAAN STRES KERJA PADA GURU DENGAN MANAJEMEN SIFAT BAYI


PENGELOLAAN STRES KERJA PADA GURU
DENGAN MANAJEMEN SIFAT BAYI

Oleh: Prasetyo Budi Widodo, S.Psi., M.Si.*

A. PENDAHULUAN
Pembangunan jangka panjang Indonesia bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya, karena itu diperlukan pendidikan dalam rangka membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, sebagaimana tercantum dalam UUD Republik Indonesia tahun 1945. Pendidikan merupakan faktor penting karena pendidikan bertujuan untuk meningkatkan penguasaan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan pengembangan sikap dan nilai-nilai dalam rangka pembentukan dan pengembangan individu.
Proses pendidikan dapat berlangsung dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, serta lingkungan kerja. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama karena dalam lingkungan inilah anak pertama kali mendapatkan pendidikan, bimbingan, asuhan, pembiasaan, dan latihan. Hal ini tidak lepas dari peran keluarga. Menurut Sudjana (dalam Rakhmat & Gandaatmaja,1993), berdasarkan pendekatan budaya, sekurang-kurangnya keluarga mempunyai tujuh fungsi, yaitu biologis, religius, proteksi, sosialisasi anak, rekreasi, ekonomi, dan edukasi. Dalam fungsi edukatif, orang tua berperan dalam mengasuh, membimbing, memberi contoh, dan membelajarkan anak. Sebagai peserta didik, anak berperan melakukan kegiatan belajar, menghayati, dan melaksanakan apa yang telah diajarkan.
Lingkungan pendidikan kedua setelah keluarga adalah sekolah. Pendidikan di sekolah bersifat formal karena di sekolah terdapat kurikulum sebagai rencana pendidikan dan pengajaran, guru-guru yang lebih profesional, sarana dan prasarana khusus sebagai pendukung pendidikan, serta pengelolaan pendidikan yang juga khusus. Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan sekolah merupakan kelanjutan dari pendidikan keluarga, namun tingkatannya lebih tinggi dan lebih komplek sesuai dengan tahap penjenjangan. Pengetahuan tersebut bersumber dari disiplin ilmu atau permasalahan yang berkembang dalam masyarakat (Sukmadinata, 2003). DOWNLOAD TULISAN LENGKAP DISINI.
 

Daftar Blog

Daftar Blog

  • PROGRAM BANGKIT - Telah di buka Program Bangkit dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang merupakan program pembinaan talenta digital untuk mahasiswa ...
    2 tahun yang lalu

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template