Senin, 25 Mei 2009

Konseling Kelompok : Manajemen stres yang efektif bagi mahasiswa Indonesia di Malaysia


Konseling Kelompok :
Manajemen stres yang efektif bagi mahasiswa Indonesia di Malaysia

Hamidah * dan Woelan Handadari **
*Pelajar P.hD Universiti Kebangsaan Malaysia
Fakulti Sain Sosial dan Kemanusiaan
Program Psikologi Kaunseling
**Fakultas Psikologi
Universitas Airlangga Surabaya


Abstrak

Mahasiswa merupakan kelompok usia yang memiliki tugas dan tanggungjawab sosial yang cukup berat. Selain tanggungjawab sebagai pelajar dengan tugas yang berat dan kompetitif, juga tugas remaja sebagai masa transisi dari usia remaja ke usia dewasa serta tugas penyesuaian dengan budaya di negara asing. Ketiga kondisi ini menuntut konsekwensi yang berat bagi seseorang untuk dapat menyesuaikan diri secara cepat pada tugas tersebut, terutama bagi individu yang belum terbiasa hidup berpisah dengan orang tua atau keluarganya.
Mahasiswa Indonesia sebagai individu yang belajar di negara lain memerlukan beberapa penyesuaian, antara lain : penyesuaian bahasa dan budaya, penyesuaian pola dan metode belajar, penyesuaian dengan tugas-tugas kuliah yang berbeda (baik mahasiswa degree, master maupun yang doktoral) serta penyesuaian sistem peperiksaaan (ujian) yang berbeda dengan sistem yang sedikit berbeda dengan model pembelajaran di Indonesia. Sedangkan mahasiswa sebagai kelompok usia yang berada pada masa transisi adalah perubahan tugas perkembangan, yaitu: orientasi pada tugas belajar, menyelesaikan tugas mendapatkan pekerjaan, tugas untuk membangun relasi dengan lawan jenis, tugas menghadapi perkawinan, tugas mengasuh anak, tugas rumah tangga (sebagai isteri, suami, ibu dan ayah) serta tugas sebagai pencari nafkah. Terakhir tugas mahasiswa sebagai pelajar di negara asing yaitu menyesuaikan diri dengan budaya lain, hidup bersama dengan keluarga lain dalam satu rumah, memahami dan menerima pola-pola perilaku yang berbeda dari orang lain.DOWNLOAD TULISAN LENGKAP DISINI.
 

Daftar Blog

Daftar Blog

  • PROGRAM BANGKIT - Telah di buka Program Bangkit dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang merupakan program pembinaan talenta digital untuk mahasiswa ...
    2 tahun yang lalu

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template