Senin, 25 Mei 2009

PARENTING STRESS DAN PENGELOLAANNYA


PARENTING STRESS DAN PENGELOLAANNYA

Sri Lestari
Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Surakarta

ABSTRAK

Masa menjadi orang tua (parenthood) merupakan salah satu tahap perkembangan yang dijalani kebanyakan orang dan bersifat universal. Melalui lembaga keluarga, orang tua menjalankan tugas-tugas utama keluarga yakni perlindungan, perawatan, dan sosialisasi anak. Tugas-tugas tersebut biasanya disebut parenting. Parenting adalah hubungan yang berlangsung sepanjang waktu dan bersifat dinamis. Dalam interaksi ini, perilaku orang tua kepada anak seringkali merupakan reaksi terhadap perilaku anak, seiring dengan perkembangan anak.
Bila parenthood bersifat universal, parenting tidak universal. Berdasarkan tinjauan model ekologis, Berns (2004) memaparkan pengaruh macrosystem, mesosystem, microsystem dan chronosystem terhadap parenting. Pengaruh macrosystem terjadi melalui ideologi politik, budaya, status ekonomi, dan nilai-nilai sosial yang berkontribusi terhadap sosialisasi dan perkembangan anak. Mesosystem berpengaruh terhadap pola asuh dan jalinan kerjasama orang tua dengan sekolah dan masyarakat yang dapat menjadi kolaborasi atau menimbulkan konflik. Efek microsystem terhadap anak terjadi melalui relasi orang tua – anak dalam keluarga yang berupa pola asuh orang tua. Chronosystem berpengaruh melalui terjadinya perubahan trend parenting dari waktu ke waktu seiring dengan perubahan masyarakat dan tekanannya terhadap keluarga.
DOWNLOAD TULISAN LENGKAP DISINI.
 

Daftar Blog

Daftar Blog

  • PROGRAM BANGKIT - Telah di buka Program Bangkit dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang merupakan program pembinaan talenta digital untuk mahasiswa ...
    2 tahun yang lalu

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template