Senin, 25 Mei 2009

MENGAJARKAN ANAK AUTIS MENGIKUTI INSTRUKSI 3 LANGKAH


Selain mengalami gangguan dalam bahasa ekspresif, anak Autis juga mengalami gangguan dalam bidang bahasa reseptif atau kemampuan dalam memberikan respon secara tepat terhadap instruksi yang diberikan oleh orang lain. Untuk meningkatkan kemampuan reseptif pada anak Autis, perlu dilakukan tata laksana perilaku untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Lebih jelasnya mengenai cara pemberian tata laksana perilaku, silahkan simak dialog berikut:


MENGIKUTI INSTRUKSI SEDERHANA ATAU 1 LANGKAH


Terapis : Andi lihat… Tangan ke atas

Anak : Melakukan gerakan tangan ke bawah

Terapis : Tidak

Terapis : Andi lihat… Tangan ke atas

Anak : Melakukan gerakan tangan ke bawah

Terapis : Tidak

Terapis : Andi lihat… Tangan ke atas

Anak : Ragu-ragu

Terapis : Memberikan bantuan dengan cara menarik tangan anak ke atas dan berkata iya…bagu…s


Terapis : Andi lihat… Tangan ke atas

Anak : Melakukan gerakan tangan ke atas

Terapis : iya…bagu..s


Terapis : Andi lihat… Tangan ke atas

Anak : Melakukan gerakan tangan ke bawah

Terapis : tidak


Penjelasan:

  1. Dalam metode ABA setiap materi diberikan sebanyak 15 instruksi dalam setiap sesi terapi.

  1. Tiap sesi maksimal terdiri dari 15 materi.

  1. Jika anak dapat merespon instruksi dengan benar maka terapis harus memberikan hadiah (seperti ucapan bagus), lihat dialog warna hitam.

  1. Jika anak tidak dapat merespon instruksi dengan benar maka terapis harus memberikan hukuman (seperti ucapan tidak), lihat dialog warna merah.

  1. Jika anak tidak dapat merespon instruksi dengan benar sebanyak dua kali berturut turut, maka terapis harus memberikan prompter atau bantuan dan disertai dengan hadiah, lihat dialog warna hijau.


Anda dapat membuat perintah sederhana lain, yang menurut anda perlu dikuasai oleh anak. Contoh: Tangan ke samping, Tangan Ke depan, Tangan Ke bawah, Melompat dan lain sebagainya.


Untuk mengikuti instruksi 3 langkah, anda dapat membuat perintah seperti berikut:


Pergi ke meja, ambil bola di atas meja, lalu berikan kepada saya”

Pergi ke kamar, ambil buku, lalu kembali ke sini”


Kalau anak dapat melakukan instruksi dengan baik katakan bagus, kalau anak tidak dapat melakukan instruksi katakan tidak (lihat dialog di atas).

 

Daftar Blog

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template