Sabtu, 21 Maret 2009

STRESS MANAGEMENT DI DAERAH GEMPA DIY


STRESS MANAGEMENT DI DAERAH GEMPA DIY
Makalah Konferensi Nasional Stress Management dalam Berbagai Setting Kehidupan, Bandung 2-3 Februari 2007
A.M. Diponegoro
Fakultas Psikologi
Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta


Gempa di Yogyakarta meninggalkan kesan yang menarik terhadap pengamat psikolog, maupun ilmuwan. Peneliti dan para psikolog banyak membawa bekal untuk menghadapi individu yang stres berat karena rumahnya hancur dan porak poranda, atau anggota keluarganya meninggal dunia. Mereka kadang-kadang merasa kecele dengan apa yang mereka temukan di lapangan. Beberapa peneliti menemukan banyak korban gempa seakan akan tidak mengalami apa-apa. Situasi seperti ini sebenarnya merupakan kajian menarik dalam lapangan psikologi positif yang dipelopori oleh Seligman, mantan presiden APA. Gillham dan Seligman (1999) menemukan bahwa penduduk Inggris yang diporak porandakan Jerman, ternyata banyak yang tidak kacau emosinya, dan mereka tetap tahan banting atau memiliki daya reseliensi yang tinggi.
Penellitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pengaturan stres yang dilakukan oleh mereka yang ”survive” dalam musibah gempa. Pengambilan data dilakukan dengan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan pola stress management yang berbeda-beda. Pengembangan positive value menunjukkan hasil yang positif dan berdampak lama pada kesejahteraan individu.
Kata kunci; stress management, psikologi positif, resiliensi DOWNLOAD TULISAN LENGKAP DISINI.


KLIK DISINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TERKAIT
.


KLIK DISINI UNTUK MEMBACA TULISAN-TULISAN SAYA DALAM BENTUK MS WORD, MS EXCEL, MS POWER POIN, PDF
.
 

Daftar Blog

Daftar Blog

  • PROGRAM BANGKIT - Telah di buka Program Bangkit dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang merupakan program pembinaan talenta digital untuk mahasiswa ...
    2 tahun yang lalu

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template