Senin, 15 Desember 2008

MEMORI DAN DEWA MNEMOSYNE

Memori atau ingatan dalam The New Encyclopedia Britanica (1994) diartikan sebagai kemampuan menyimpan dan mendapatkan informasi setelah pikiran manusia mendapat pengalaman. Dalam Ensiklopedia Nasional Indonesia memori didefinisikan sebagai kemampuan organisme untuk menyimpan informasi sebagai hasil belajar, dan cara memproduksi informasi tersebut sebagai reaksi atas jawaban stimulus tertentu (Ensiklopedia Nasional, 1990). Porter (1999) mengartikan memori sebagai suatu kemampuan untuk mengingat apa yang telah diketahui.

Dalam kamus Psikologi ingatan diartikan sebagai fungsi mental yang kompleks untuk mengingat kembali apa yang pernah dialami atau dipelajari dan bisa melakukan retention. Retention diartikan sebagai penyimpanan dalam ingatan terhadap sesuatu yang telah dipelajari supaya dapat dipakai dalam recall. Recall diartikan sebagai suatu tipe pengembalian ingatan dimana dengan isyarat minimum seseorang dapat mengingat kembali pengalaman atau informasi yang telah dipelajari sebelumnya (Gulo, 1982).

Menurut Suharnan (2005) memori menunjuk pada suatu proses penyimpanan dan pemeliharaan informasi sepanjang waktu (mainting information overtime). Menurut Jensen (2002) memori juga merupakan proses biologi, yakni informasi diberi kode dan dipanggil kembali, dalam ingatan terdapat kumpulan reaksi elektrokimia yang rumit yang diaktifkan melalui beragam saluran inderawi dan disimpan dalam jaringan syaraf yang sangat rumit dan unik diseluruh bagian otak.
Sementara Santrock (2005) menjelaskan bahwa memori adalah unsur perkembangan kognitif, yang memuat seluruh situasi yang didalamnya individu menyimpan informasi yang ia terima sepanjang waktu. Menurut Atkinson (1987) para ahli psikologi berpendapat bahwa memorilah yang memberikan kepada manusia rasa kesatuan yang menjadi tempat setiap pendapat tentang manusia, karena pada saat itu manusia berpikir tentang apa artinya manusia.

Dari beberapa definisi diatas pembaca dapat menarik kesimpulan sesuai dengan keinginan, tergantung akan mulai darimana kita menarik sebuah kesimpulan tersebut. Yang jelas menurut Ellis dan Hunt 1993 dalam (Suharnan, 2005) ingatan menjadi sesuatu yang sangat penting didalam proses kognitif manusia, karena memori berfungsi untuk mengingat kembali apa yang pernah dialami dan dipelajari.

Mungkin diantara kita ada yang mengira bahwa orang-orang zaman dulu tidak terlalu membutuhkan memori karena tidak banyak yang harus dihafal (jika dibandingkan dengan sekarang. Anak Sekolah Dasar saja sudah bingung dengan hafalan pelajaran di sekolah yang overload, karena kurikulum yang belum jelas orientasinya dan belum melihat individu sebagai individu yang unik. Individu masih dianggap sebagai objek yang harus menerima perlakuan yang sama tanpa melihat bakat dan minatnya). Tapi kenyataannya orang-orang zaman dulu juga sangat membutuhkan memori dan juga mengalami masalah mengingat, karena pada dasarnya semua aktifitas manusia itu tidak dapat terlepas dari memori atau ingatan. Karena begitu penting ingatan sampai-sampai bangsa Mesir, Yunani & Romawi Kuno menciptakan dewa ingatan, yaitu dewa Mnemosyne, dewa inilah yang dipercaya membantu mereka untuk mengingat.
Bahkan pada zaman dulu telah dikenal sebuah metode mengingat yang disebut dengan metode lokus, yaitu metode mengingat dengan membayangkan. Metode ini konon ditemukan oleh seorang penyair Yunani yang bernama Simonides tahun 477 SM. Pada suatu ketika Simonides menghadiri suatu pesta dan tiba-tiba atap bangunan yang digunakan pesta tersebut roboh. Banyak yang meninggal dalam peristiwa tersebut, karena tubuh para korban rusak maka sangat sulit untuk mengidentifikasi identitas mereka. Pada saat itulah Simonides mengingat para tamu yang hadir dengan membayangkan orang-orang yang ada ditempatnya masing-masing disekeliling meja dalam pesta itu. Karena keberhasilan Simonides untuk mengingat identitas para korban, maka sejak itu cara Simonides mengingat ini disebut metode lokus (Herman, 1996).

ditulis oleh suhadianto, S.Psi:

DAFTAR BACAAN:
THE NEW ENCYCLOPEDIA BRITANICA, 1994.

Ensiklopedia Nasional Indonesia (Jakarta:Cipta Adi Pustaka, 1990).

Boby De porter & Mike Hernarcki, Quantum Learning, (Bandung:Kaifa, 1999).

Dali Gulo, Kamus Psikologi, (Bandung:Tonis, 1982).

Suharnan, Psikologi Kognitif, (Surabaya:Srikandi, 2005).

Eric Jensen & Karen Markowitz, Otak Sejuta Gigabyte, (Bandung:Kaifa, 2002).

John W. Santrock, Perkembangan Masa Hidup Jilid-2, (Jakarta:Erlangga, 199).

Rita L. Atkinson, dkk, Introduction To Psychology, (Surabaya:Interaksara, 1987).

Douglas J. Herman, Daya Ingat Super, (Jakarta;Pustaka Delaprasata, 1996).



KLIK DISINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TERKAIT.
 

Daftar Blog

Daftar Blog

  • PROGRAM BANGKIT - Telah di buka Program Bangkit dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang merupakan program pembinaan talenta digital untuk mahasiswa ...
    2 tahun yang lalu

Daftar Blog

suhadianto.blogspot.com Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template